Pertemuan Prabu Sentanu

Kamis, 17 November 2011

DEWABRATHA

Ketika Dewi gangga menghilang dan membawa bayinya yang kedelapan, Raja Sentanu meninggalkan semua kesenangan duniawi dan memerintah kerajaan dengan semangat asketisme. Suatu hari ketika berjalan-jalan di tepi sungai Gangga, dia melihat seorang anak laki-laki yang dilingkupi aura keagungan dan ke elokan Dewandra, raja para dewa – dewi. Anak itu sedang bermain panah. Ia berulang kali melepas anak panah ke seberang sungai Gangga. Tiba – tiba , di hadapan raja, Dewi Gangga menampakkan diri. “Wahai, Paduka Raja, inilah anak kita yang ke delapan. Ia sudah besar. Aku beri nama Dewabrata. Aku mengajarinya menguasai seni perang. Kesaktiannya setara dengan Parasurama. Ia juga menguasai kesenian. Terimalah anak ini. Kelak ia akan menjadi pemanah, pahlawan, dan negarawan besar.  Sang Dewi menceritakan bahwa anak itu adalah anaknya.

Kemudian Dewi gangga memberkahi anak itu, menyerahkan pada ayahnya dan kemudian menghilang.
Dengan riang hati, raja menyambut dan membawa sang putra ke Istana. Anak yang dikelilingi aura keagungan dan kemudaan ini dinobatkan menjadi putra mahkota.
Di kutip dari cerita Mahabharata penerbit IRCISoD

1 komentar:

  1. nano titanium and organic recipe | TITIAN
    Mango habanero welding titanium pepper, vegan, organic. Rating: tungsten titanium 5 titanium sheet · titanium wire ‎1 review t fal titanium pan · ‎$2.99 · ‎In stock

    BalasHapus